Jumat, 18 Mei 2012


A. Pengartian



Tanggung jawab adalah perbuatan atau tingkah laku manusia yang didasari oleh kemauan untuk memperbaiki suatu kesalahan yang pernah ia perbuat. Tanggung jawab biasanya muncul karena sifat kodrati dari manusia itu sendiri. Dan tidak semua manusia memiliki rasa tanggung jawab. oleh karena itu manusia yang memiliki rasa tanggung jawab tersebut adalah manusia yang beradab. Alasan manusia dapat bertanggung jawab pada suatu hal, dikarenakan ia mempunyai jiwa seorang yang bijaksana.
Adapun tanggung jawab mempunyai berbagai macam
a. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri ialah dilakukan dengan kesadaran dan kemauan manusia itu sendiri. Manusia itu juga bertanggung jawab atas masa depannya nanti, Karena itu kepribadian manusia sangatlah penting pada hal ini.
b. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Tiap anggota keluarga wajib bertanggungjawab pada keluarganya. Dan saling melindungi satu sama lain. Dalam keluarga memiliki kepala keluarga, yang bertanggung jawab untuk menghidupi istri dan anak-anaknya hingga besar.
c. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan akan membutuhkan satu sama lainya, oleh karena itu manusia bertanggung jawab didalam masyarakat untuk saling melindungi.
d. Tanggung Jawab Terhadap Bangsa
Setiap manusia atau individu yang tinggal diwilayah dala suatu Negara adalah warga Negara itu sendiri. Dalam Negara tersebut mempunyai norma dan aturan tertentu bagi warganya untuk dipatuhi. Dengan kata lain manusia sebagai warga Negara tersebut harus bertanggung jawab akan setiap norma dan aturan yang telah dibuat, dan apabila manusia tersebut melanggar, maka akan ada sangsi bagi setiap perbuatannya.

B. Artikel


Di bawah ini disampaikan 7 tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak.


1. Pendidikan Agama
Pendidikan agama merupakan hal paling mendasar dan paling utama untuk diajarkan kepada anak-anak. Melalui pendidikan inilah mereka mengenal siapa Penciptanya, bagaimana Sang Pencipta berkomunikasi dengan ciptaannya, serta berbagai hal mendasar lainnya yang pada akhirnya ketika mereka cukup dewasa mereka akan mengerti & memahami  untuk apa mereka dilahirkan ke dunia ini dan apa yang mesti mereka lakukan dalam kehidupan mereka.
Melalui pendidikan agama pulalah ahlak & moral seorang anak bisa dibentuk. Tanpa adanya pendidikan ini, seorang anak akan menjadi gamang & bingung karena tidak memiliki sebuah standar sikap & perilaku sebagai representasi dari akhlak & moralnya.

2. Pendidikan fisik
Pendidikan fisik adalah pendidikan yang juga mendukung dalam perkembangan anak, seorang anak juga harus memiliki fisik yang kuat dan tegar, apalagi di era globalisasi yang semakin keras Salah satu yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah mengajarkan kepada anak sejak dini usia tentang pentingnya menjaga kesehatan, seperti olahraga teratur dan dari hal-hal yang dapat memberikan efek negatif seperti rokok, minuman keras dan narkoba.

3. Pendidikan intelektual
Pendidikan intelektual diperlukan agar anak mampu mengenal & memahami berbagai ilmu pengetahuan sehingga mereka memiliki wawasan, pola pikir, & daya analisis yang kesemuanya diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan mereka selanjutnya.
“…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (Q.S. Al Mujaadilah, 58:11)

4. Pendidikan psikologis

Berkenaan dengan obyek psikologi ini, maka yang paling mungkin untuk diamati dan dikaji adalah manifestasi dari jiwa itu sendiri yakni dalam bentuk sikap & perilaku individu dalam berinteraksi dengan dirinya sendiri maupun dengan lingkungannya.
Berinteraksi dengan dirinya sendiri yang dimaksud adalah bagaimana seorang anak berfikir tentang seperti apa dirinya yang akan direpresentasikan dalam sikap & perilaku kesehariannya dan dalam lingkungannya. Oleh karenanya, sangat penting bagi orang tua untuk selalu mempengaruhi jiwa anak-anak untuk selalu berpikir & bersikap positif, sportif, & bertanggungjawab. Dan ini hanya bisa dilakukan oleh orang tua melalui teladan, baik berupa perkataan maupun sikap & perilaku orang tua.
Semakin sering seorang anak mendengar & melihat hal-hal positif dari orang tuanya, maka ia akan melihat dirinya sebagai orang yang positif & akan berperilaku seperti itu, dan demikian pula sebaliknya.

5. Pendidikan sosial
Dalam pendidikan sosial, orang tua sangat berperan untuk mengajarkan & membekali anak dengan keterampilan hidup bermasyarakat dan menjadikan anak itu adalah anak yang memiliki kepekaan sosial, yang mengerti & memahami tentang arti saling menghargai & hidup berdampingan dalam masyarakat.

6. Pendidikan seksual
Pendidikan ini tetap perlu diberikan kepada anak-anak sesuai dengan tingkat usia dan pemahamannya dan dalam taraf yang positif. Namun dalam hal ini orang tua harus memiliki pedoman yang pasti agar mereka tidak salah baik dalam penyampaiannya maupun materi yang disampaikannya.

7. Pendidikan finansial
Pendidikan finansial perlu diberikan kepada anak sehingga mereka bisa belajar mengatur  keperluan finansialnya dan membantu memastikan bahwa mereka tidak akan mengalami kegagalan finansial dalam hidupnya atau kekurangan secara finansial.

http://www.orangtua.org/2011/09/28/7-tanggung-jawab-orang-tua-dalam-mendidik-anak/

C. Pendapat


Pengertian tanggung jawab memang seringkali terasa sulit untuk menerangkannya dengan tepat. Adakalanya tanggung jawab dikaitkan dengan keharusan untuk berbuat sesuatu, atau kadang-kadang dihubungkan dengan kesedihan untuk menerima konsekuensi dari suatu perbuatan. Dalam kebudayaan kita, umumnya "tanggung jawab" diartikan sebagai keharusan untuk "menanggung" dan "menjawab" dalam pengertian lain yaitu suatu keharusan untuk menanggung akibat yang ditimbulkan oleh perilaku seseorang dalam rangka menjawab suatu persoalan. Rasa tanggung jawab sejati haruslah bersumber pada nilai-nilai asasi kemanusiaan. Nilai-nilai tidak dapat diajarkan secara langsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Kintan Yulanda

| Jakarta 27 Juli 1993 |Informatics Engineering UG'11 | http://www.facebook.com/kintan.yulanda | http://twitter.com/#!/strawbery_kecil

About Me

Foto Saya
Kintanyulanda
kintan yulanda, jakarta 27 juli 1993, | Informatics Engineering UG '11
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Tags

Pengikut