Senin, 29 Desember 2014
Proposal Perusahaan
Disusun
oleh :
Yoel
Elbin Samuel N 57411515
Bayu
Yonar 51411449
Rizqi
Nur Herdiyanto 56411413
Ferina
caessari 52411832
Rianda
Zulhamjani 56411103
Riko
Arfian 56411212
Kintan
Yulanda 54411005
M Rahman
Darmawan 54411217
Janu
Prihartini 53411785
Devier TechnologyInformation and
Technology Solution
BAB I
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang Pendirian Usaha
Perkembangan dunia
teknologi dan informasi pada saat sekarang begitu cepat dan selalu mengikuti
pergerakan masyarakat. Hal inilah yang membuat ketergentungan antara masyarakat
dan komputer. Serta kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dengan yang
lainnya dalam jarak yang jauh melalui fasilitas jaringan internet sehingga
masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan
komputer dan tidak sedikit dari masyarakat awam mengalami kendala dalam
menggunakan komputer dan perangkat teknologi informasi lainnya.
Dari penjelasan diatas akan
menjadi landasan utama bagi kami dalam mendirikan usaha di bidang IT khusunya
pelyanan jasa di bidang IT, beberapa hal yang menjadi faktor utama pendirian
usaha Software Developer ini yaitu :
a.
Masih
banyaknya sistem manual yang terdapat diberbagai bidang, seperti pendidikan,
perdagangan, dan yang lainnya, untuk itu kami mencoba untuk memudahkannya
dengan membuat sebuah aplikasi yang sesuai untuk bidangnya masing – masing.
b.
Kebutuhan
pribadi maupun organisasi untuk membuat sebuah sistem informasi tentang
orgnisasi itu yaitu Website sebagai fasilitas untuk memperkenalkan tentang
organisasi itu melalui dunia maya.
c.
Kebutuhan
masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam berbagai masalah yang mereka
hadapi di bidang IT, dengan pelayanan konsultasi IT kami menyediakan jawaban
utntuk itu.
B.
Nama
Dan Tempat Usaha
Logo Devier Technology
Usaha pelayanan jasa software
developer ini merupakan rintisan usaha baru yang kami beri nama Devier
Technology, Information and Technology Solution yang mencakup pembuatan website
dan software atau aplikasi, baik untuk perorangan ataupun perusahaan. Untuk
tempat usahanya sendiri kami memiliki kantor di kota Bogor.
C.
Prospek
Pasar
Adapun prospek pasar yang menjadi
peluang usaha pelayanan jasa usaha software developer ini adalah masyarakat
umum dari berbagai kalangan dan juga perusahaan. Karena menurut kami, saat ini
hampir semua orang membutuhkan teknologi informasi untuk mempermudah
pekerjaannya.
D.
Manfaat
Ekonomi
Dengan usaha kecil yang baru kami
rintis ini, kami berharap akan memberikan manfaat bagi kami untuk belajar
berorganisai dan membentuk sebuah perusahaan, selain itu juga kami berharap
kedepannya usaha kami ini dapat membuka lapanga npekerjaan baru bagi orang
lain.
E.
Manfaat
Sosial
Kemajuan usaha juga dapat
mempengaruhi lingkungan sekitar, sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang
mempunyai keahlian di bidang IT untuk bisa bekerja di usaha ini, serta
masyarakat yang masih awam dengan dunia IT bisa mendapatkan informasi dari
layanan jasa yang kami tawarkan.
Tidak menutup kemungkinan kami
akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami agar
dapat mengembangkan usahan kami agar lebih dikenal dimasyarakat.
Kami berharap dapat menjadi
contoh bagi mahasiswa lain bahwa tidak tertutup kemungkinan untuk berwirausaha
saat menuntut ilmu didunia pendidikan.
F.
Hukum
Badan usaha yang kami dirikan ini
baru dan belum mempunyai badan hukum yang tatap, namun dalam perkembangannya
nanti kami akan mengajukan pembuatan CV dengan nama CV Devier Technology.
G.
Keuangan
Untuk pendirian usaha IT CLINIC
and NETWORKING ini secara garis besar kami membutuh kan dana investasi awal
senila ± Rp 50.000.000,- namun rincian dananya akan di jelaskan pada bab aspek
keuangan.
BAB II
Aspek Pemasaran
A.
Gambaran Umum Pasar
Untuk saat ini jumlah prospek
pasar dibidang Software Developer khusunya di daerah Jabodetabek masih sangat
luas, untuk itu kami berfokus pada daerah Bogor yang mana kami melihat
kebutuhan jasa IT untuk melayani pembuatan software, pembuatan web, mendesain
web dan lain-lain di kalangan mahasiswa dan pegawai kantor.
B.
Analisa Pemasaran
B.
Konsumen
Sasaran Utama Konsumen
- Pegawai perkantoran seperti
Guru Sekolah, Dosen, Pegwai kantor yang berada di sekitar tempat usaha
- Teman-teman dari kami yang
sudah mengetahui kapasitas kerja dan kemampuan kami
- Konsumen yang sudah pernah menjadi
pelanggan kami sebelumnya
- Masyarakat sekitar tempat usaha
pada umumnya.
C. Strategi Pemasaran
1.
Strategi
pemasaran yang dilakukan :
a.
Keterangan
Produk
Produk yang akan di jual di
khusukan pada pelayanan jasa pembuatan software seperti pembuatan web statis
maupun dinamis dan mendesain web yang mana pelayanan jasa ini di lakukan oleh
anggota kelompok yang sudah memiliki skill dan keterampilan di masing-masing
bidang usaha.
b.
Keunggulan
Produk dan Jasa
Program yang kami buat
berdasarkan alur bisnis perusahaan, User Friendly, Garansi perawatan, Full
Customize dimana program atau software yang kami buat dapat disesuaikan dengan
alur atau proses bisnis di perusahaan atau organisasi yang akan menggunkan
program atau software tersebut. sehingga tidak terjadi kasus seperti Perusahaan
yang harus mengikuti alur kerja atau proses bisnis yang ada didalam program
atau software tersebut.
c.
Harga
Harga yang di tawarkan itu
bergantung pada tingkat atau level permintaan dari konsumen serta hasil dari
pengerjaannya.
d.
Promosi
Untuk promosi priorotas utama
kami adalah melau website, facebook, twitter, dan pamflet yang akan di sebar di
sekitar Jabodetabek. Kemudian presentasi langsung ke-kantor kantor dan toko
yang sudah membutuhkan sebuah software atau sistem maupun pembuatan dan
mendesain web. Utamanya akan di lakukan oleh para anggota melalui teman-teman
terdekat.
e.
Garansi
Setiap Penjualan jasa yang kami
lakukan akan kami berian garansi yaitu maintenance gratis, untuk instalasi
jaringan kami akan memberikan garansi selama 1 bulan, untuk webdesign garansi
selama 2 minggu.
2.
Analisis
Pesaing
a.
Tahap
Survey Pesaing
Adapun tahap survey yang kami
lakukan untuk meninjau pesaing di sekitar lokasi usaha yang akan kami lakukan
yaitu di daerah kebun raya bogor, disamping kampus ipb dan jalan padjajaran
adalah dengan cara tinjauan langsung lokasi pesaing dan informasi dari
teman-teman terdekat serta koonsumen yang sudah pernah membuat software
ditempat tersebut.
b.
Jumlah
Pesaing
Dari survei yang kami lakukan ada
beberapa bentuk pembuatan software yaitu :
c.
Keunggulan
dan Kekurangan Pesaing
Dari data yang kami kumpulkan ada
beberapa kelebihan dan kekurangan pesaing
Kelebihan :
·
Pembuatan
software sudah sangat modern
·
Jumlah
pelanggan tetap yang sudah banyak
·
Tingkat
kepercayaan konsumen yang sudah tinggi
·
Modal
yang besar
Kekurangan
:
·
Tingkat
Pelayanan jasa yang masih kurang nyaman dan ramah
·
Keterlambatan
waktu pembuatan software itu mencapai 1 hingga 2 hari
·
Kemampuan
anggota IT yang masih minim
·
Semua
bentuk pelayanan jasa mempunyai nilai bayar
·
Susah
untuk menerima panggilan langsung ke rumah
3.
Peluang
Pasar
Dari beberapa kekurangan yang ada
pada pesaing, maka kami bisa melihat peluang pasar yang cukup menguntungkan,
dimana untuk menarik pelaggan kami menyediakan layanan scan virus gratis dan
konsultasi masalah IT. Kami juga mengutamakan layanan outdoor serta pelayanan
jasa yang cepat, bahkan untuk pembuatan software, pembuatan web, mendesain web
dan lain-lain bisa menuggu dalam hitungan jam. Hal inilah yang akan membuat
peluang pasar kami di daerah jabodetabek khusunya bogor menjadi cukup bagus,
terutama untuk para mahasiswa yang sering mengalami kendala dalam masalah tugas
berbasis online.
BAB III
Aspek Produksi
A.
Produk
Dan Jasa
Jenis layanan jasa yang akan kami
tawarkan pada usaha IT ini meliputi :
a.
Instalasi
Komputer
·
Instal
ulang sistem operasi untuk PC dan Laptop memakai sistem operasi windows xp,
windows vista, windows 7 windows 8, linux, windows server
·
Instal
program aplikasi seperti aplikasi untuk music, video, office, multimedia dan
game
·
Maintenance
komputer meliputi perbaikan kerusakan pc, upgrade pc, Virus Scanning
b.
Instalasi
Jaringan Lokal
·
Pemasangan
Jaringan Warnet
·
Pemasangan
speedy untuk rumah
·
Pemasangan
jaringan wireless
·
Pembuatan
hotspot area
·
Pembuatan
web server
·
Instalasi
program aplikasi billing untuk warnet
c.
Web
Design
·
Pembuatan
website untuk pribadi, organisasi dan komersil
·
Database
online
·
Pembuatan
website HTML dan PHP
·
Website
berbasis CMS, Framework
·
Free
Hosting Dan Premium Hosting
d.
Multimedia
Design
·
Pembuatan
Banner iklan, Logo Instansi/Perusahaan
·
Pembuatan
katalog penjualan skala pribadi hingga perusahaan
e.
Software
Development
·
Pembuatan
aplikasi mobile berbasis android dan desktop
·
Pengembangan
dan analisa database
f.
Konsultasi
IT
·
Konsultasi
masalah pemakain sistem operasi
·
Konsultasi
masalah jaringan computer
·
Konsultasi
masalah pemakain software aplikasi
·
Konsultasi
desain produk dan aplikasi
g.
Layanan
Jasa Pendukung
·
Editing
Photo dan Video
·
Jual
Beli aksesoris komputer
·
Jual
Beli komputer Baru dan Second
·
Maintenance
Jaringan dan server
B.
Proses
Produksi
a.
Instalasi
Komputer
Adapun teknis dalam pelaksanaan
instalasi komputer adalah sebagai berikut :
1.
Konsumen
membawa laptop atau PC ke tempat kami ataupun kami datang langsung ke tempat
konsumen
2.
Menanyakan
permasalahan yang dihadapi, jika konsumen meminta instal ulang, maka akan di
kerjakan secera cepat, maksimal selama 2 jam, jika perbaikan maka akan kami
kami periksa dimana letak kerusakanyan dan mengganti alat yang munggkin harus
di ganti.
b.
Instalasi
Jaringan
Adapun teknis dalam pelaksanaan
instalasi jaringan komputer adalah sebagai berikut :
1.
Untuk
jaringan warnet, maka kami langsung datang ke tempat warnet tersebut dan
melakukan pemasangan disana
2.
Jika
konsumen ingin tau beres maka semua alat akan kami sediakan
3.
Maintennce
akan kami berikan selama 1 bulan terhitung sejak warnet sudah bisa beroperasi
4.
Untuk
jaringan home kami juga akan langsung memasang ke rumah konsumen
5.
Untuk
jaringan skala besar akan dilakukan penjadwalan pemasangan dan jaminan
maintenance
c.
Pembuatan
Website dan Webblog
1.
Dilakukan
di tempat usaha
2.
Konsumen
bisa meminta/memilih model design web yang kami sediakan
3.
Konsumen
menetukan menu-menu dan sub menu dari data web mereka
4.
Kami
bisa menjadi admin langsung atau hanya sekder membuat tampilan websitenya
5.
Harga
web tergantung dari tingkat kesulitan design yang di minta konsumen
d.
Desain
multimedia
1.
untuk
personal dilakukan langsung di tempat usaha
2.
untuk
permintaan perusahaan/instansi dapat dilakukan di tempat konsumen
3.
konsumen
dapat memilih dari desain katalog yang kami sediakan atau memesan desain
sendiri
e.
Software
Development
1.
Dilakukan
di tempat usaha, untuk skala besar tempat disesuaikan permintaan konsumen
2.
Konsumen
memberikan spesifikasi kebutukan aplikasi kemudian akan dijadwalkan pengerjaan
setiap prosesnya
3.
Maintenance
aplikasi diberikan sesuai kesepakatan
f.
Konsultasi
IT
1.
Konsultasi
dilakukan gratis pada produk atau jasa yang dibuat atau ditangani oleh kami
2.
Konsumen
bisa datang langsung, menanyakan masalah yang terjadi, dan kami akan memberikan
solusi dari permaslahan itu.
BAB IV
Aspek Organisasi, SDM dan
Manjemen
A.
Umum
a.
Nama
Usaha : Devier Technology
b.
Bidang
Usaha :
·
IT
Support and Networking
·
Pelayanan
dan Penjualan Jasa bidang TI
c.
Jenis
Produk / Jasa :
·
Service
Komputer
·
Instalasi
Jaringan LAN,
·
Webdesign,
·
Weblog,
·
Konsultasi
IT dan Aksesoris Komputer
d.
Alamat
Perusahaan : Jl. Raya Bogor, No.14 Kota Bogor
e.
Nomor
Telepon : 085700142011
f.
Nomor
Fax : -
i.
Mulai
Berdiri : -
B. Biodata Usahawan
1.
Nama
: Dimas Ibrahim
No BP : 1111140001
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Manager
Tempat dan Tgl Lahir :
Bogor, 2 Januari 1993
Alamat Rumah :
Cimanggu, Bogor
Nomor HP :
085700142011
Alamat Email : dims
@gmail.com
Website : dims.com
2.
Nama
: Rianda Zulhamjani
No BP : 1156411103
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Wakil
Manager
Tempat dan Tgl Lahir
: Bogor, 22 Januari 1993
Alamat Rumah : Depok
Nomor HP :
085756411103
Website : gn.com
3.
Nama
: Rizqi Nur Herdiyanto
No BP : 1156411413
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Teknisi
Tempat dan Tgl Lahir
: Bogor, 14 Januari 1993
Alamat Rumah :
Margonda, Depok
Nomor HP :
085756411413
Alamat Email : rizqis@yahoo.co.id
4.
Nama
: Riko Arfian
No BP : 1156411212
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Teknisi
Tempat dan Tgl Lahir
: Bogor, 14 Mei 1993
Alamat Rumah :
Jakarta
Nomor HP :
085756411212
Alamat Email :
konekochan@yahoo.co.id
5.
Nama
: M.Rahman Darmawan
No BP : 115231312
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Teknisi
Tempat dan Tgl Lahir
: Bogor, 30 Mei 1993
Alamat Rumah :
Jakarta
Nomor HP :
085792837410
6.
Nama
: Yoel Elbin Samuel
Jabatan : Bagian
Networking
No BP : 2011140016
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir
: Bogor, 12 Mei 1993
Alamat Rumah :
Jonggol, Bogor
Nomor HP :
08570045102
Blog : els.blogspot.com
7.
Nama
: Bayu Yonar
Jabatan : Bagian
Networking
No BP : 2011140003
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir
: Bogor, 20 Mei 1993
Alamat Rumah :
Dramaga, Bogor
Nomor HP :
085700112002
Blog : bays.blogspot.com
8.
Nama
: Janu Parinduri
Jabatan : Sekretaris
No BP : 2011140004
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir
: Depok, 29 Maret 1993
Alamat Rumah :
Margonda, Depok
Nomor HP :
085700112004
Alamat Email : Jans@yahoo.co.id
9.
Nama
: Ferina caessari
Jabatan :
Administrasi
No BP : 1152411832
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir
: Depok, 29 Juni 1993
Alamat Rumah :
Margonda, Depok
Nomor HP : 085752411832
10. Nama : Kintan Yulanda
No BP : 2011140005
Prodi/Jurusan :
Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Bagian
Keuangan
Tempat dan Tgl Lahir
: 23 Maret 1993
Alamat Rumah :
Cibinong, Bogor
Nomor HP :
085700112005
C.
Deskripsi
Bagian
1.
Manajer
·
Melakukan
monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha
·
Memberi
perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
·
Melayani
konsumen yang melakukan perbaikan dan permintaan jasa
·
Menjawab
pertanyaan dan melayani kosumen yang bertanya secara online
·
Melakukan
kontrak/ kerjasama dengan pihak vendor sebagai penyedia produk
·
Mengecek
Pembayaran tunai lewat transfer bank
·
Membuat
kebijakan-kebijakan terhadapa perkembangan Hexa Decimal Computer
2.
Sekretaris
·
Membuat
daftar surat masuk dan keluar kantor
·
Mencatat
semua transaksi penjualan
·
Menyimpan
dan mengarsipkan setiap faktur
·
Bertanggung
jawab kepada manager
·
Menerima
Job Sheet dari konsumen
·
Membuka
dan menutup Toko/ Kios
·
Melakukan
Promosi
·
Menata
barang dagangan
3.
Bendahara
·
Mencatat
uang masuk dan keluar kantor
·
Membuat
laporan keuangan
·
Mengelola
keuangan kantor
·
Memegan
rekening kantor
·
Pembayaran
dan pembelian barang dan jasa
·
Pemabayaran
gaji karyawan
·
Membuka
dan menutup Toko/ Kios
·
Melakukan
Promosi
·
Menata
barang dagangan
4.
Teknisi
·
Memperbaiki
Setiap service yang masuk
·
Melakukan
pembelian terhadap barang produksi
·
Melakukan
meintenance service
·
Mengelola
perkakas untuk service
·
Melakukan
perbaikan secara indoor maupun outdoor
·
Membuka
dan menutup Toko/ Kios
·
Melakukan
Promosi
·
Menata
barang dagangan
5.
Networking
·
Membuat
dan mengolola website heksadecimal komputer sebagai mediapelayanan jasa online
untuk kantor
·
Menerima
permintaan pemasangan jaringan dari konsumen
·
Melakukankan
maintenance dan system keamanan jaringan
·
Membuka
dan menutup Toko/ Kios
·
Melakukan
Promosi
·
Menata
barang dagangan
D.
Analisis
Kompetensi SDM
Tim kami mempunyai Sumber Daya
yang cukup berkualitas untuk menjalankan usah di bidang jasa komputer ini, di
buktikan dengan telah di jalankannya usaha ini secar manual/personal
sebelumnya. Beberapa skill yang di kuasai oleh anggota tim
·
Menguasai
pemograman web HTML dan PHP
·
Menguasai
pembuatan website dengan joomla, macromedia dreamwever, wordprees,
blogspot.com, Ms Office Publisher
·
Menguasai
Pembuatan program/software sederhana berbasi database dengan MYSQL, acces, SQL
Server
·
Menguasai
perancangan jaringan berbasi LAN dan MAN, baik dengan jaringan kabel maupun wireless
·
Menguasai
web server
·
Maintenance
Jaringan dan keamanan jaringan internet
·
Kemampuan
teknis komputer
·
Kemampuan
manjemen organisasi
·
Kemampuan
Akuntansi
Sedangkan Skill utama dari
anggota tim kami adalah :
·
Yoel
Elbin Samuel N, menguasai pemograman berbasis web dan database online.
·
Bayu
Yonar, Menguasai Instalasi jaringan internet, keamanan dan maintenance.
·
Dimas
Ibrahih, Menguasai Teknis Instalasi Komputer.
·
Rizki
Nur dan Richo Arvian, Kemampuan teknis pemograman office dan manajemen.
·
Rianda
Zulkarnaen, Kemampuan dalam akunting system management
E.
Analisis
Kebutuhan Dan Rencana Pengembangan SDM
·
Kami
akan merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap
jabatan.
·
Kami
akan mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya
·
Kami
akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan
melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.
F.
Rencana
Pengembangan Usaha
Usaha ini akan terus kami
kembangkan dengan semangat dan komitmen yang kuat, bahkan kami akan membuka
cabang baru di daerah-daerah yang sangat dan memiliki peluang untuk usaha ini.
Untuk modal pengembangan usaha akan kami tambah dari modal sendiri serta kredit
bank.
G.
Keberhasilan
Usaha
Kami
yakin usaha ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya di tentukan oleh
beberapa hal sebagai berikut:
1.
Pelayanan
Jasa kami yang ramah, cepat dan bertanggung jawab
2.
Letak
yang strategis dalam endirikan usaha yaitu di sekitar universitas
H.
Keberhasilan
Usaha
Kami yakin usaha ini akan
berkembang terus dan keberhasilan nya di tentukan oleh beberapa hal sebagai
berikut:
1.
Pelayanan
Jasa kami yang ramah, cepat dan bertanggung jawab
2.
Letak
yang strategis dalam endirikan usaha yaitu di sekitar universitas
3.
Keunggulan
layanan scan virus gratis dan konsultasi IT yang belum pernah di lakukan
pesaing sekitar
4.
Anggota
tim yang mempunyai link dan partner yang cukup banyak
5.
Kemampuan
dan skill dari anggota tim yang sudah mempunyai sertifikat
6.
Harga
dari jasa yang di tawarkan cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswa
I.
Analisis
SWOT
1.
Dampak
Terhadap Masyarakat Sekitar
·
Dengan
adanya produk dan jasa yang unik mendapatkan dukungan terhadap masyarakat
sekitar terhadap usah ini
·
Memberikan
paradigma baru kepada masyarakat bahwa perkembangan komputer sangat cepat
·
Tekhnologi
yang kami terapkan dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya sebagai media
referensi mereka dalam membeli suatu produk pakaian dan aksesoris
·
Memberikan
peluang kerja untuk teman yang mepunyai skill TI untuk bekerja di sini
2.
Analisis
Resiko Usaha
·
Adanya
manajemen pengelolah yang kurang rapi
·
Terdapatnya
cacat pada barang yang dibeli
·
Barang
yang tidak laku
·
Tempat
yang kurang strategis
·
Kepercayaan
konsumen yang kurang baik
·
Respon
dari masyarakat yang kurang baik
3.
Antisipasi
Resiko Usaha
·
Kita
akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan,
dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
·
Kita
akan mengikat kerjasama yang baik dengan vendor dengan prinsip barang dapat
diretur apabila cacat, rusak atau tidk sesuai dengan pesanan.
·
Kami
akan mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak
terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.
·
Kami
akan membuat ciri khas tertentu pada kios/ lapak kami baik dari segi papan
petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
·
Kami
akan segera mungkin memesan produk yang sejenis ke vendor supaya konsumen kami
puas terhadap pelayanan yang kami berikan,atau kami akan menyarankan untuk
mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga
konsumen tidak merasa kecewa.
BAB V
Aspek Keuangan
A.
Asumsi-asumsi
Penjualan yang tertera di bawah
ini adalah prediksi penjualan yang terjadi bulan pertama, berdasarkan studi
lapangan yang telah kami lakukan dengan mensurvey beberapa Toko Service
Komputer yang terdapat pada Harga, perkiraan omset, dan data-data tersebut
adalah bersumber dari Pedagang yang berada di Pasar baru. Kami menargetkan
penjualan terjadi peningkatan setiap tahunnya yaitu sebesar 10% dari total
Penjualan pada tahun berakhir.
Jumat, 31 Oktober 2014
Kelompok 2
sub team 1 (regulasi aturan
membuat perusahaan)
Dim Dim Ibrahim
Rian Ganti Nama
Janu Parinduri
Sub team 2(organisasi & sdm)
Rahmand Bin Marwan
Kintan Yulanda
Yoel Elbin Samuel Nababan
Sub team 3(pemasaran jasa/produk)
Ferina Caessari Widodo
Bayu Yonar
sub team 4(aspek keuangan dlm
bisnis)
Richo AreViant
Rizqi Nur
Sub 2 : Sumber Daya Manusia dan
Organisasi
Oleh : M Rahman Darmawan 54411217
(http://rahmandarmawan.blogspot.com/)
Kintan Yulanda 54411005 (http://kintanyulanda.blogspot.com/)
Yoel Elbin Samuel 57411515
(http://pencari-ilmu2011.blogspot.com/)
SUMBER DAYA MANUSIA dan
ORGANISASI
Sumber Daya Manusia
Karyawan
sebagai sumberdaya utama perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik
kepada konsumen dan memberikan kinerja yang optimal sehingga konsumen merasa
terlayani dengan baik dan merasa puas. Karena jika konsumen merasa tidak puas
dapat melakukan komplain yang dapat merusak citra perusahaan. Hal ini
menunujukkan bahwa sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap kesuksesan
perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Sumber daya manusia mempunyai fungsi
mengelola input yang dimiliki perusahaan secara maksimal untuk mendapatkan
hasil yang diharapkan oleh perusahaan.
Oleh
karena itu perusahaan sebisa mungkin membuat para karyawan dapat melaksanakan
pekerjaannya dalam keadaan yang tenang dan nyaman, tanpa ada ketegangan dan kecemasan yang dirasakan.
Kondisi ini bukan hanya menyangkut keadaan fisik saja, melainkan juga
berhubungan dengan hubungan sosial dengan orang lain dan suasana psikologis di
tempat kerja. Dengan suasana kerja atau lingkungan kerja yang menyenangkan akan
membuat karyawan bekerja secara optimal.
Dalam
implementasi sehari-hari, organisasi dapat dengan mudah menerjemahkan dengan
menggalang komunikasi dan kebersamaan dari tingkat paling bawah hingga paling
atas. Ibaratnya, kalau di saat krisis perusahaan menghapus uang makan atau
meniadakan jatah minum kopi, umpamanya, hal itu berlaku untuk semua orang,
tanpa terkecuali. Diskriminasi akan menjadi biang kerok yang memicu suasana
tidak kondusif dalam membangun semangat kebersamaan dan motivasi kerja tinggi.
Kesadaran bahwa semua SDM berada di atas kapal yang sama, perlu digalang. Khususnya
jika menyadari, seluruh SDM adalah awak kapal, bukan penumpang yang enak-enakan
dan tetap dibayar.
Adapun
kemampuan unggul bisa diperoleh dengan dua hal: sistem rekrutmen yang baik
serta fasilitas pelatihan — internal maupun eksternal. Setiap SDM pasti
memiliki kemampuan dasar yang diperoleh dari pendidikan formal maupun informal.
Kemampuan ini kemudian diasah dengan model pelatihan, tergantung kebutuhan dan
kepentingan perusahaan. Dalam hal ini, perlu ditekankan peningkatan
profesionalisme SDM. Artinya, SDM tidak harus melulu menguasai satu bidang
keahlian saja. Sebagai profesional di perusahaan yang tumbuh dan bergerak
cepat, mereka juga harus mampu dan menguasai bidang-bidang lain yang terkait.
Untuk menjadi ahli administrasi, misalnya, dibutuhkan pengetahuan tentang
rekayasa ulang atau seluk-beluk kegiatan lini. Dengan kata lain, peningkatan
profesionalisme SDM mutlak diperlukan guna memainkan peran barunya
Struktur Organisasi
Sebagai
perusahaan tentunya harus mempunyai sebuah struktur organisasi perusahaan.
Struktur organisasi merupakan suatu garis susunan yang menjelaskan bagian -
bagian susunan perusahaan dimana tiap individu yang ada pada lingkup perusahaan
tersebut mempunyai posisi serta peranan sendiri-sendiri. Secara garis besar
terdapat 5 model struktur perusahaan yaitu :
Susunan Organisasi Fungsional
Susunan organisasi yang
didasarkan pada peran masing-masing individu karyawan. Minimal terdiri dari 5
divisi, yaitu divisi pemasaran, divisi pembelajaran, divisi produksi, divisi
personalia, serta divisi umum.
Susunan Organisasi Proyek
Dibentuk untuk melakukan 1 projek
kerja pada perusahaan. Susunan organisasi ini dapat dieleminasi saat projek
sudah selesai.
Susunan Organisasi Matriks
Dibentuk untuk melakukan bermacam
projek yang dikembangkan oleh perusahaan. Susunan ini dikepalai oleh vice
president. Serta dibawahnya ada manajer yang bertugas merampungkan projek.
Susunan Organisasi Usaha
Susunan organisasi yang ada pada
suatu perusahaan yang didasari oleh ada pengembangan produk serta riset-riset
usaha sehingga komponennya jadi lebih luas.
Susunan Organisasi Tim Kerja
Susunan organisasi temporal dalam
suatu perusahaan yang umumnya dibentuk untuk kondisi-kondisi tidak terduga atau
ada proyek mendadak. Susunan ini dibentuk dari personil-personil yang handal.
Contoh Gambar Struktur Organisasi
Hubungan SDM dengan
Organisasi/Perusahaan
Tujuan
suatu organisasi ataupun suatu perusahaan akan lebih mudah dicapai jika
didukung dengan manajemen sumber daya manusia yang baik, Salah satunya dengan
mempekerjakan pegawai yang kompeten dan berkualitas Jika pegawai yang telah
dianggap belum memenuhi kebutuhan SDM yang diharapkan maka perlu dilaksanakan
beberapa strategi diantaranya sesuai dengan fungsi manajemen SDM yaitu
pengembangan pegawai dan memaksimalkan manajemen SDM, akan tetapi metode dan
hal-hal lain yang bersangkutan dengan pengembangan pegawai harus tepat sasaran
agar pengembangan pegawai yang direncanakan tidak sia-sia.
Standar Biaya Umum (SBU) dan
Standar Biaya Khusus (SBK)
Pengertian Standar Biaya Umum
(SBU) dan Standar Biaya Khusus (SBK)
Menurut PMK No. 100/PMK.02/2010
pasal 1:
1. Standar Biaya adalah besaran
biaya yang ditetapkan sebagai acuan
penghitungan kebutuhan biaya
kegiatan, baik yang bersifat umum
maupun yang bersifat khusus.
2. Standar Biaya yang Bersifat
Umum, yang selanjutnya disebut
Standar Biaya Umum (SBU), adalah
satuan biaya berupa harga satuan,
tarif, dan indeks yang digunakan
untuk menyusun biaya komponen
masukan kegiatan, yang ditetapkan
sebagai biaya masukan.
3. Standar Biaya yang Bersifat
Khusus, yang selanjutnya disebut
Standar Biaya Khusus (SBK) adalah
besaran biaya yang dibutuhkan untuk
menghasilkan sebuah keluaran
kegiatan yang merupakan
akumulasi biaya komponen masukan
kegiatan, yang ditetapkan
sebagai biaya keluaran.
Sumber :
http://artikelsdm.blogspot.com/2009/08/pentingnya-sumberdaya-manusia-bagi.html
http://dwimirani.unsri.ac.id/index.php/posting/31
http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/SBU_2014.pdf
Rabu, 15 Oktober 2014
My future is …. System
Analyst
Pada saat ini saya
tertarik mempunyai usaha sendiri di bidang
TI yaitu System Analyst dimana dalam perusahaan ini saya tidak hanya sebagai
System Analyst namun sebagai pemilik perusahaan. Dalam perusahaan yang nantinya
akan saya buat saya akan memperkerjakan orang-orang yang ahli dalam bidang
analisis system. Karena di zaman yang modern ini banyak perusahaan yang
membutuhkan system analis sebelum membuat suatu system.
System Analyst juga memiliki
tanggung jawab yang besar atas
penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan
perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan. System Analyst memegang peranan yang sangat penting dalam
proses pengembangan sistem. Seorang System Analyst harus memiliki setidaknya
empat keahlian, yaitu :
1. Analisis
aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan
seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan
dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya
2. Teknis
struktur sosial formal stabil yg
memiliki sumber-sumber berasal dari lingkungan dan memproses sumber-sumber itu
agar menghasilkan output.
3. Manajerial
suatu proses kemampuan dalam mengelola,
mengatur, mengembangkan, mendayagunakan
dan serta mampu memanfaatkan berbagai peluang, ancaman, menata kekuatan
serta meminimalisir kelemahan dengan berbagai upaya.
4. Interpersonal
komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih,
yang biasanya tidak diatur secara formal.
Di dalam tahap analisis sistem
terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem :
a. Identify,
yaitu mengidentifikasi masalah
Mengidentifikasi masalah
merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam tahap analisis sistem. Masalah dapat
didefinisikan sebagai suatu pertanyaan yang diinginkan untuk dipecahkan.
Masalah inilah yang menyebabkan sasaran dari sistem tidak dapat dicapai. Oleh
karena itulah pada tahap analisis sistem, langkah pertama yang harus dilakukan
oleh analis sistem adalah mengidentifikasi terlebih dahulu masalah-masalah yang
terjadi.
b.
Understand, yaitu memahami kerja dari
sistem yang ada
Langkah kedua dari
tahap analisis sistem adalah memahami kerja dari sistem yang ada. Langkah ini
dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada
beroperasi. Langkah kedua dari tahap analisis sistem adalah memahami kerja dari
sistem yang ada. Langkah ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci
bagaimana sistem yang ada beroperasi.
c.
Analyze, yaitu menganalisis sistem
Walaupun menganalisis
kelemahan-kelemahan dan permasalahan-permasalahan yang terjadi merupakan tugas
yang perlu, tetapi tugas ini saja belumlah cukup. Tugas lain dari analis sistem
yang masih diperlukan sehubungan dengan sasaran utama sistem informasi, yaitu
menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi para pemakainya perlu dianalisis.
d.
Report, yaitu membuat laporan hasil
analisis
Setelah proses analisis
sistem ini selesai dilakukan, tugas berikutnya dari analis sistem dan timnya
adalah membuat laporan hasil analisis. Laporan ini diserahkan kepada steering
committe (komite/panitia pengarah pengembangan sistem) yangnantinya akan
diteruskan ke manajemen. Pihak manajemen bersama-sama dengan panitia pengarah
dan pemakai sistem akan mempelajari temuan-temuan dan analisis yang telah
dilakukan oleh analis sistem yang disajikan dalam laporan ini. Tujuan utama
dari penyerahan laporan ini kepada manajemen adalah :
Ø
Pelaporan bahwa analisis telah selesai
dilakukan meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan
dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen.
Ø
Meminta pendapat-pendapat dan
saran-saran dari pihak manajemen
Ø
Meminta persetujuan kepada pihak
manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa meneruskan ke
tahap desain sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak layak lagi)
Sumber :
Senin, 31 Maret 2014
1.
Teknologi
Game
Merupakan system
perangkat keras yang biasa digunakan untuk mendukung sebuah kinerja game agar
game tersebut dapat di mainkan dengan baik. Dengan adanya perkembangan
teknologi, kini game telah berbentuk 3 dimensi atau menyerupai bentuk aslinya.
2.
Game
Merupakan sebuah
aplikasi dengan tujuan bersenang-senang yang mempunyai target untuk mencapai
finish atau kemenangan. Permainan dilakukan
sendiri atau bersama-sama.
1.
Contoh
Game
Permainan
melarikan diri dari kejaran polisi dan anjingnya karena merusak fasilitas umum
dengan membuat graffiti di gerbong kereta. Permainan ini tak hanya menghindari
tangkapan dari polisi tetapi juga harus menghindari tabrakan kereta.
Esensi dari
permainan ini mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya ketika berlari menghindari
polisi dan gerbong kereta. Subway Surfers berkaitan dengan perkembangan
teknologi masa kini dimana efek visual dari permainan ini adalah 3D modern.
Permainan ini hanya tersedia untuk piranti yang memiliki Sistem Operasi Android
atau iOS.
1.
Cara
bermain
Dalam permainan
user akan dihadapkan pada 3 kolom jalur rel kereta. Untuk berpindah ke sisi
sebelah kiri dan kanan dengan cara swipe jari ke kiri dan ke kanan. Bila ada
rintangan user dapat melompat atau sliding dengan swipe jari ke atas atau ke
bawah. Semakin lama permainan semakin cepat sehingga user harus selalu sigap.
Dalam permainan ini diberi 2 kesempatan untuk tersenggol benda ketika berpindah
jalur, tersenggol artinya kecepatan kamu berkurang dan sang polisi tersebut
semakin dekat dengan user. Tersenggol untuk yang kedua kalinya user akan
tertangkap sehingga harus mengulang dari awal.
Tidak hanya
koin, user juga akan menemukan benda-benda pelengkap yang bisa kamu gunakan
untuk menambah kekuatan. Misalnya seperti magnet yang akan menyedot koin-koin di
dekat user, sepatu yang membuat lompatan bertambah tinggi, multiplier yang akan
menggandakan koin, sebuah jetpack akan membuat user terbang diatas rel kereta
tersebut yang tentunya susunan koin juga berpindah keatas, dan sebuah kotak
misteri yang bisa dibuka setelah permainan selesai. Yang unik, dalam Subway
Surfer terdapat misi untuk mengumpulkan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata.
Misi tersebut mempunyai hitungan waktu dan akan berubah menjadi kata yang lain
ketika waktu tersebut habis.
User juga dapat
membeli berbagai peralatan tambahan di shop yang terbagi dalam 2 kategori.
Pertama untuk sekali pakai seperti hoverboard (skateboard melayang), headstart
yang bisa membawa kamu terbang ke jarak tertentu dan lainnya. Yang kedua adalah
berupa upgrade untuk item yang sering ditemukan seperti magnet atau jetpack
yang akan membuat waktu pakainya menjadi lebih lama. Sebagai catatan, sistem
poin yang dikumpulkan merupakan akumulasi jarak tempuh ditambah dengan jumlah
koin yang berhasil kamu kumpulkan
1.
Kelebihan
Subway Surfers
·
Ketika
bermain kita akan menemukan bantuan agar mempermudah permainan.
·
Kita
dapat membeli barang-barang yang
terdapat di shop store dalam game tersebut.
·
Dapat
dimainkan oleh semua usia.
·
Tampilan
game nya sangat menarik dan kualitas gambar game nya pun bagus.
·
Game
ini juga cukup mudah untuk dimainkan.
2.
Kekurangan
Subway Surfers
·
Game
ini cukup menguras batre gadged anda.
·
Jika
kita ingin membeli barang-barang yang ada pada shope store game nya harus
memiliki jumlah koin yang sesuai dari harga barang tersebut.
·
Game
ini memiliki misi yang harus kita selesaikan agar dapat melanjutkan ke stage
berikutnya.
3.
Saran
Game-game
seperti ini seharusnya memiliki nilai edukasi juga untuk para pemainnya, tidak
hanya sekedar hiburan saja.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.gamesinasia.com/review-subway-surfer-swipe-to-play/
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan
http://unduhgameapk.blogspot.com/2013/05/download-game-subway-surfers-for-android.html
Sabtu, 13 April 2013
BAB I PENDAHULUAN
B.Batasan Masalah
C.Tujuan
Reni Marintan Doloksaribu
Reni Marintan Doloksaribu
D. Metode
1. Perancanaan
Friska Meiliana Sulistioningsih
Janu Prihartini
2. Analisa
Asep Rohmana Hidayat
4. Implementasi
Ferina Caessari Widodo
Friska Meiliana Sulistioningsih
Janu Prihartini
2. Analisa
Asep Rohmana Hidayat
3. Desain
Secara garis besar kami
akan membuat Website Merpati Putih kelompok latihan RAY dimana halaman utamanya
berupa logo Merpati Putih dan logo kelompok latihan RAY, juga disediakan form login untuk anggota yang
sudah mendaftar sebelumnya dan juga berbagai macam foto, artikel, berita yang
akan melengkapi website kami.
Berhubung kami menggunakan CMS Joomla sebagai applikasi untuk membuat Website ini jadi untuk tampilan dan database kami menggunakan fasilitas yang sudah ada di dalam CMS Joomla.
Berhubung kami menggunakan CMS Joomla sebagai applikasi untuk membuat Website ini jadi untuk tampilan dan database kami menggunakan fasilitas yang sudah ada di dalam CMS Joomla.
4. Implementasi
Ferina Caessari Widodo
Full document :
Minggu, 28 Oktober 2012
.jpg)
Berpegangan pada pengertian itu kita tahu bahwa tanpa media kita menjadi buta akan informasi dan dari situlah muncul manfaat media yang begitu kompleks nan luas yaitu memudahkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dan bukan hanya informasi tetapi yang kita cari tanpa perlu repot lagi. Media juga mengantarkan taraf hidup manusia mejadi lebih mudah. Media juga tak bisa lepas dari peran teknologi yang maju saat ini, tanpa teknologi media takkan berarti apa-apa. Kita ambil contoh terapan media di dunia pendidikan. Di dunia pendidikan kesemuanya sudah maju. Guru / Dosen sudah tidak lagi menulis di white / black board. Namun sudah beralih ke OHP dan bahkan tak jarang sudah menggunakan proyektor mini guna penyampaian materi yang lebih interaktif. Lebih canggih lagi, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti proses belajar mengajar melalui media internet yang populer dinamakan e-learning. Tanpa perlu datang ke kampus, mahasiswa hanya perlu duduk di kursi rumah atau dimanapun mereka berada asal koneksi internet tetap terhubung.
Lantas, apakah pengertian ‘baru’ disini? baru (new) disini sesuatu yang bersifat inovatif yakni perubahan yang melahirkan sesuatu yang sangat dinantikan semua orang.
Oleh karena itu, New Media adalah media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi sekarang dan mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Mereka (new media) meninggalkan teknologi yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi, tidak ramah lingkungan dan yang pasti masih menggunakan teknologi yang rendah alias jadul.
Berikut ini adalah contoh teknologi apa saja yang termasuk media baru yaitu :
- Internet
- Televisi Digital / Plasma TV
- Digital Cinema / 3D Cinema
- Superkomputer / Laptop
- DVD / CD / Blue Ray
- MP3 Player
- Ponsel / PDA Phone
- Video Game
- RSS Feed
- Streaming Video
- Dan lain-lain
Selain teknologi, new media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat dari sana. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial macam facebook dan twitter.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga berpengaruh kepada paradigma masyarakat saat ini yang mengubah keseluruhan cara pandang tentang berbagai masalah dan persoalan yang dihadapi. Contohnya dalam hal media massa yang sudah dikenal dengan RSS Feed. Dan lagi-lagi ini berkaitan dengan internet / bersifat jaringan. Masyarakat yang mendapatkan informasi lewat RSS Feed berarti sudah memanfaatkan new media. Yang RSS Feed sendiri adalah berita / informasi yang disampaikan dan ditampilkan dengan berlangganan di suatu situs sumber informasi.
Dari ulasan diatas dapt disimpulkan bahwa,
New Media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk teknologi hampir berbentuk digital dan Internet hampir memegang peranan penting didalamnya, mereka meninggalkan teknologi kuno yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi dan tidak ramah lingkungan.
Langganan:
Postingan (Atom)
Kintan Yulanda
| Jakarta 27 Juli 1993 |Informatics Engineering UG'11 | http://www.facebook.com/kintan.yulanda | http://twitter.com/#!/strawbery_kecil
About Me
- Kintanyulanda
- kintan yulanda, jakarta 27 juli 1993, | Informatics Engineering UG '11
Diberdayakan oleh Blogger.