Senin, 29 Desember 2014
Proposal Perusahaan

Disusun oleh :
Yoel Elbin Samuel N 57411515
Bayu Yonar 51411449
Rizqi Nur Herdiyanto 56411413
Ferina caessari 52411832
Rianda Zulhamjani 56411103
Riko Arfian 56411212
Kintan Yulanda 54411005
M Rahman Darmawan 54411217
Janu Prihartini 53411785

Devier TechnologyInformation and Technology Solution

BAB I
Pendahuluan

A.     Latar Belakang Pendirian Usaha
Perkembangan dunia teknologi dan informasi pada saat sekarang begitu cepat dan selalu mengikuti pergerakan masyarakat. Hal inilah yang membuat ketergentungan antara masyarakat dan komputer. Serta kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi dengan yang lainnya dalam jarak yang jauh melalui fasilitas jaringan internet sehingga masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer dan tidak sedikit dari masyarakat awam mengalami kendala dalam menggunakan komputer dan perangkat teknologi informasi lainnya.
Dari penjelasan diatas akan menjadi landasan utama bagi kami dalam mendirikan usaha di bidang IT khusunya pelyanan jasa di bidang IT, beberapa hal yang menjadi faktor utama pendirian usaha Software Developer ini yaitu :

a.       Masih banyaknya sistem manual yang terdapat diberbagai bidang, seperti pendidikan, perdagangan, dan yang lainnya, untuk itu kami mencoba untuk memudahkannya dengan membuat sebuah aplikasi yang sesuai untuk bidangnya masing – masing.
b.      Kebutuhan pribadi maupun organisasi untuk membuat sebuah sistem informasi tentang orgnisasi itu yaitu Website sebagai fasilitas untuk memperkenalkan tentang organisasi itu melalui dunia maya.
c.       Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam berbagai masalah yang mereka hadapi di bidang IT, dengan pelayanan konsultasi IT kami menyediakan jawaban utntuk itu.


B.     Nama Dan Tempat Usaha

Logo Devier Technology

Usaha pelayanan jasa software developer ini merupakan rintisan usaha baru yang kami beri nama Devier Technology, Information and Technology Solution yang mencakup pembuatan website dan software atau aplikasi, baik untuk perorangan ataupun perusahaan. Untuk tempat usahanya sendiri kami memiliki kantor di kota Bogor.

C.     Prospek Pasar
Adapun prospek pasar yang menjadi peluang usaha pelayanan jasa usaha software developer ini adalah masyarakat umum dari berbagai kalangan dan juga perusahaan. Karena menurut kami, saat ini hampir semua orang membutuhkan teknologi informasi untuk mempermudah pekerjaannya.
D.     Manfaat Ekonomi
Dengan usaha kecil yang baru kami rintis ini, kami berharap akan memberikan manfaat bagi kami untuk belajar berorganisai dan membentuk sebuah perusahaan, selain itu juga kami berharap kedepannya usaha kami ini dapat membuka lapanga npekerjaan baru bagi orang lain.

E.      Manfaat Sosial
Kemajuan usaha juga dapat mempengaruhi lingkungan sekitar, sehingga dapat memberdayakan masyarakat yang mempunyai keahlian di bidang IT untuk bisa bekerja di usaha ini, serta masyarakat yang masih awam dengan dunia IT bisa mendapatkan informasi dari layanan jasa yang kami tawarkan.
Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami agar dapat mengembangkan usahan kami agar lebih dikenal dimasyarakat.
Kami berharap dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lain bahwa tidak tertutup kemungkinan untuk berwirausaha saat menuntut ilmu didunia pendidikan.

F.      Hukum
Badan usaha yang kami dirikan ini baru dan belum mempunyai badan hukum yang tatap, namun dalam perkembangannya nanti kami akan mengajukan pembuatan CV dengan nama CV Devier Technology.

G.     Keuangan
Untuk pendirian usaha IT CLINIC and NETWORKING ini secara garis besar kami membutuh kan dana investasi awal senila ± Rp 50.000.000,- namun rincian dananya akan di jelaskan pada bab aspek keuangan.


BAB II
Aspek Pemasaran


A. Gambaran Umum Pasar
Untuk saat ini jumlah prospek pasar dibidang Software Developer khusunya di daerah Jabodetabek masih sangat luas, untuk itu kami berfokus pada daerah Bogor yang mana kami melihat kebutuhan jasa IT untuk melayani pembuatan software, pembuatan web, mendesain web dan lain-lain di kalangan mahasiswa dan pegawai kantor.
B. Analisa Pemasaran
B. Konsumen
Sasaran Utama Konsumen
- Pegawai perkantoran seperti Guru Sekolah, Dosen, Pegwai kantor yang berada di sekitar tempat usaha
- Teman-teman dari kami yang sudah mengetahui kapasitas kerja dan kemampuan kami
- Konsumen yang sudah pernah menjadi pelanggan kami sebelumnya
- Masyarakat sekitar tempat usaha pada umumnya.

 C. Strategi Pemasaran
1.      Strategi pemasaran yang dilakukan :
a.       Keterangan Produk
Produk yang akan di jual di khusukan pada pelayanan jasa pembuatan software seperti pembuatan web statis maupun dinamis dan mendesain web yang mana pelayanan jasa ini di lakukan oleh anggota kelompok yang sudah memiliki skill dan keterampilan di masing-masing bidang usaha.
b.      Keunggulan Produk dan Jasa
Program yang kami buat berdasarkan alur bisnis perusahaan, User Friendly, Garansi perawatan, Full Customize dimana program atau software yang kami buat dapat disesuaikan dengan alur atau proses bisnis di perusahaan atau organisasi yang akan menggunkan program atau software tersebut. sehingga tidak terjadi kasus seperti Perusahaan yang harus mengikuti alur kerja atau proses bisnis yang ada didalam program atau software tersebut.
c.       Harga
Harga yang di tawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari konsumen serta hasil dari pengerjaannya.
d.      Promosi
Untuk promosi priorotas utama kami adalah melau website, facebook, twitter, dan pamflet yang akan di sebar di sekitar Jabodetabek. Kemudian presentasi langsung ke-kantor kantor dan toko yang sudah membutuhkan sebuah software atau sistem maupun pembuatan dan mendesain web. Utamanya akan di lakukan oleh para anggota melalui teman-teman terdekat.
e.       Garansi
Setiap Penjualan jasa yang kami lakukan akan kami berian garansi yaitu maintenance gratis, untuk instalasi jaringan kami akan memberikan garansi selama 1 bulan, untuk webdesign garansi selama 2 minggu.

2.      Analisis Pesaing
a.       Tahap Survey Pesaing
Adapun tahap survey yang kami lakukan untuk meninjau pesaing di sekitar lokasi usaha yang akan kami lakukan yaitu di daerah kebun raya bogor, disamping kampus ipb dan jalan padjajaran adalah dengan cara tinjauan langsung lokasi pesaing dan informasi dari teman-teman terdekat serta koonsumen yang sudah pernah membuat software ditempat tersebut.
b.      Jumlah Pesaing
Dari survei yang kami lakukan ada beberapa bentuk pembuatan software yaitu :
c.       Keunggulan dan Kekurangan Pesaing
Dari data yang kami kumpulkan ada beberapa kelebihan dan kekurangan pesaing
Kelebihan :
·         Pembuatan software sudah sangat modern
·         Jumlah pelanggan tetap yang sudah banyak
·         Tingkat kepercayaan konsumen yang sudah tinggi
·         Modal yang besar
Kekurangan :
·         Tingkat Pelayanan jasa yang masih kurang nyaman dan ramah
·         Keterlambatan waktu pembuatan software itu mencapai 1 hingga 2 hari
·         Kemampuan anggota IT yang masih minim
·         Semua bentuk pelayanan jasa mempunyai nilai bayar
·         Susah untuk menerima panggilan langsung ke rumah

3.      Peluang Pasar
Dari beberapa kekurangan yang ada pada pesaing, maka kami bisa melihat peluang pasar yang cukup menguntungkan, dimana untuk menarik pelaggan kami menyediakan layanan scan virus gratis dan konsultasi masalah IT. Kami juga mengutamakan layanan outdoor serta pelayanan jasa yang cepat, bahkan untuk pembuatan software, pembuatan web, mendesain web dan lain-lain bisa menuggu dalam hitungan jam. Hal inilah yang akan membuat peluang pasar kami di daerah jabodetabek khusunya bogor menjadi cukup bagus, terutama untuk para mahasiswa yang sering mengalami kendala dalam masalah tugas berbasis online.


BAB III
Aspek Produksi


A.     Produk Dan Jasa
Jenis layanan jasa yang akan kami tawarkan pada usaha IT ini meliputi :
a.       Instalasi Komputer
·         Instal ulang sistem operasi untuk PC dan Laptop memakai sistem operasi windows xp, windows vista, windows 7 windows 8, linux, windows server
·         Instal program aplikasi seperti aplikasi untuk music, video, office, multimedia dan game
·         Maintenance komputer meliputi perbaikan kerusakan pc, upgrade pc, Virus Scanning
b.      Instalasi Jaringan Lokal
·         Pemasangan Jaringan Warnet
·         Pemasangan speedy untuk rumah
·         Pemasangan jaringan wireless
·         Pembuatan hotspot area
·         Pembuatan web server
·         Instalasi program aplikasi billing untuk warnet
c.       Web Design
·         Pembuatan website untuk pribadi, organisasi dan komersil
·         Database online
·         Pembuatan website HTML dan PHP
·         Website berbasis CMS, Framework
·         Free Hosting Dan Premium Hosting
d.      Multimedia Design
·         Pembuatan Banner iklan, Logo Instansi/Perusahaan
·         Pembuatan katalog penjualan skala pribadi hingga perusahaan
e.       Software Development
·         Pembuatan aplikasi mobile berbasis android dan desktop
·         Pengembangan dan analisa database

f.       Konsultasi IT
·         Konsultasi masalah pemakain sistem operasi
·         Konsultasi masalah jaringan computer
·         Konsultasi masalah pemakain software aplikasi
·         Konsultasi desain produk dan aplikasi
g.       Layanan Jasa Pendukung
·         Editing Photo dan Video
·         Jual Beli aksesoris komputer
·         Jual Beli komputer Baru dan Second
·         Maintenance Jaringan dan server

B.     Proses Produksi
a.       Instalasi Komputer
Adapun teknis dalam pelaksanaan instalasi komputer adalah sebagai berikut :
1.   Konsumen membawa laptop atau PC ke tempat kami ataupun kami datang langsung ke tempat konsumen
2.   Menanyakan permasalahan yang dihadapi, jika konsumen meminta instal ulang, maka akan di kerjakan secera cepat, maksimal selama 2 jam, jika perbaikan maka akan kami kami periksa dimana letak kerusakanyan dan mengganti alat yang munggkin harus di ganti.
b.      Instalasi Jaringan
Adapun teknis dalam pelaksanaan instalasi jaringan komputer adalah sebagai berikut :
1.      Untuk jaringan warnet, maka kami langsung datang ke tempat warnet tersebut dan melakukan pemasangan disana
2.      Jika konsumen ingin tau beres maka semua alat akan kami sediakan
3.      Maintennce akan kami berikan selama 1 bulan terhitung sejak warnet sudah bisa beroperasi
4.      Untuk jaringan home kami juga akan langsung memasang ke rumah konsumen
5.      Untuk jaringan skala besar akan dilakukan penjadwalan pemasangan dan jaminan maintenance
c.       Pembuatan Website dan Webblog
1.      Dilakukan di tempat usaha
2.      Konsumen bisa meminta/memilih model design web yang kami sediakan
3.      Konsumen menetukan menu-menu dan sub menu dari data web mereka
4.      Kami bisa menjadi admin langsung atau hanya sekder membuat tampilan websitenya
5.      Harga web tergantung dari tingkat kesulitan design yang di minta konsumen
d.      Desain multimedia
1.      untuk personal dilakukan langsung di tempat usaha
2.      untuk permintaan perusahaan/instansi dapat dilakukan di tempat konsumen
3.      konsumen dapat memilih dari desain katalog yang kami sediakan atau memesan desain sendiri
e.       Software Development
1.      Dilakukan di tempat usaha, untuk skala besar tempat disesuaikan permintaan konsumen
2.      Konsumen memberikan spesifikasi kebutukan aplikasi kemudian akan dijadwalkan pengerjaan setiap prosesnya
3.      Maintenance aplikasi diberikan sesuai kesepakatan
f.       Konsultasi IT
1.      Konsultasi dilakukan gratis pada produk atau jasa yang dibuat atau ditangani oleh kami
2.      Konsumen bisa datang langsung, menanyakan masalah yang terjadi, dan kami akan memberikan solusi dari permaslahan itu.


BAB IV
Aspek Organisasi, SDM dan Manjemen


A.        Umum
a.       Nama Usaha : Devier Technology
b.      Bidang Usaha :
·         IT Support and Networking
·         Pelayanan dan Penjualan Jasa bidang TI
c.       Jenis Produk / Jasa :
·         Service Komputer
·         Instalasi Jaringan LAN,
·         Webdesign,
·         Weblog,
·         Konsultasi IT dan Aksesoris Komputer
d.      Alamat Perusahaan : Jl. Raya Bogor, No.14 Kota Bogor
e.       Nomor Telepon : 085700142011
f.       Nomor Fax : -
g.       Alamat Email : Happy.Fam@gmail.com
h.      Situs Web : www.Devier.co.id
i.        Mulai Berdiri : -

B.     Biodata Usahawan
1.      Nama : Dimas Ibrahim
No BP : 1111140001
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Manager
Tempat dan Tgl Lahir : Bogor, 2 Januari 1993
Alamat Rumah : Cimanggu, Bogor
Nomor HP : 085700142011
Alamat Email : dims @gmail.com
Website : dims.com

2.      Nama : Rianda Zulhamjani
No BP : 1156411103
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Wakil Manager
Tempat dan Tgl Lahir : Bogor, 22 Januari 1993
Alamat Rumah : Depok
Nomor HP : 085756411103
Alamat Email : gn@gmail.com
Website : gn.com

3.         Nama : Rizqi Nur Herdiyanto
No BP : 1156411413
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Teknisi
Tempat dan Tgl Lahir : Bogor, 14 Januari 1993
Alamat Rumah : Margonda, Depok
Nomor HP : 085756411413
Alamat Email : rizqis@yahoo.co.id

4.         Nama : Riko Arfian
No BP : 1156411212
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Teknisi
Tempat dan Tgl Lahir : Bogor, 14 Mei 1993
Alamat Rumah : Jakarta
Nomor HP : 085756411212
Alamat Email : konekochan@yahoo.co.id

5.      Nama : M.Rahman Darmawan
No BP : 115231312
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Teknisi
Tempat dan Tgl Lahir : Bogor, 30 Mei 1993
Alamat Rumah : Jakarta
Nomor HP : 085792837410
Alamat Email : mets@yahoo.co.id


6.      Nama : Yoel Elbin Samuel
Jabatan : Bagian Networking
No BP : 2011140016
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir : Bogor, 12 Mei 1993
Alamat Rumah : Jonggol, Bogor
Nomor HP : 08570045102
Alamat Email : els@yahoo.com
Blog : els.blogspot.com

7.      Nama : Bayu Yonar
Jabatan : Bagian Networking
No BP : 2011140003
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir : Bogor, 20 Mei 1993
Alamat Rumah : Dramaga, Bogor
Nomor HP : 085700112002
Alamat Email : bays@yahoo.com
Blog : bays.blogspot.com

8.      Nama : Janu Parinduri
Jabatan : Sekretaris
No BP : 2011140004
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir : Depok, 29 Maret 1993
Alamat Rumah : Margonda, Depok
Nomor HP : 085700112004
Alamat Email : Jans@yahoo.co.id

9.      Nama : Ferina caessari
Jabatan : Administrasi
No BP : 1152411832
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Tempat dan Tgl Lahir : Depok, 29 Juni 1993
Alamat Rumah : Margonda, Depok
Nomor HP : 085752411832
Alamat Email : Fers@yahoo.co.id

10.  Nama : Kintan Yulanda
No BP : 2011140005
Prodi/Jurusan : Teknologi Industri/Teknik Informatika
Jabatan : Bagian Keuangan
Tempat dan Tgl Lahir : 23 Maret 1993
Alamat Rumah : Cibinong, Bogor
Nomor HP : 085700112005
Alamat Email : kins@yahoo.com

C.     Deskripsi Bagian
1.      Manajer
·         Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha
·         Memberi perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
·         Melayani konsumen yang melakukan perbaikan dan permintaan jasa
·         Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yang bertanya secara online
·         Melakukan kontrak/ kerjasama dengan pihak vendor sebagai penyedia produk
·         Mengecek Pembayaran tunai lewat transfer bank
·         Membuat kebijakan-kebijakan terhadapa perkembangan Hexa Decimal Computer

2.      Sekretaris
·         Membuat daftar surat masuk dan keluar kantor
·         Mencatat semua transaksi penjualan
·         Menyimpan dan mengarsipkan setiap faktur
·         Bertanggung jawab kepada manager
·         Menerima Job Sheet dari konsumen
·         Membuka dan menutup Toko/ Kios
·         Melakukan Promosi
·         Menata barang dagangan

3.      Bendahara
·         Mencatat uang masuk dan keluar kantor
·         Membuat laporan keuangan
·         Mengelola keuangan kantor
·         Memegan rekening kantor
·         Pembayaran dan pembelian barang dan jasa
·         Pemabayaran gaji karyawan
·         Membuka dan menutup Toko/ Kios
·         Melakukan Promosi
·         Menata barang dagangan

4.      Teknisi
·         Memperbaiki Setiap service yang masuk
·         Melakukan pembelian terhadap barang produksi
·         Melakukan meintenance service
·         Mengelola perkakas untuk service
·         Melakukan perbaikan secara indoor maupun outdoor
·         Membuka dan menutup Toko/ Kios
·         Melakukan Promosi
·         Menata barang dagangan

5.      Networking
·         Membuat dan mengolola website heksadecimal komputer sebagai mediapelayanan jasa online untuk kantor
·         Menerima permintaan pemasangan jaringan dari konsumen
·         Melakukankan maintenance dan system keamanan jaringan
·         Membuka dan menutup Toko/ Kios
·         Melakukan Promosi
·         Menata barang dagangan

D.     Analisis Kompetensi SDM
Tim kami mempunyai Sumber Daya yang cukup berkualitas untuk menjalankan usah di bidang jasa komputer ini, di buktikan dengan telah di jalankannya usaha ini secar manual/personal sebelumnya. Beberapa skill yang di kuasai oleh anggota tim
·         Menguasai pemograman web HTML dan PHP
·         Menguasai pembuatan website dengan joomla, macromedia dreamwever, wordprees, blogspot.com, Ms Office Publisher
·         Menguasai Pembuatan program/software sederhana berbasi database dengan MYSQL, acces, SQL Server
·         Menguasai perancangan jaringan berbasi LAN dan MAN, baik dengan jaringan kabel maupun wireless
·         Menguasai web server
·         Maintenance Jaringan dan keamanan jaringan internet
·         Kemampuan teknis komputer
·         Kemampuan manjemen organisasi
·         Kemampuan Akuntansi

Sedangkan Skill utama dari anggota tim kami adalah :
·         Yoel Elbin Samuel N, menguasai pemograman berbasis web dan database online.
·         Bayu Yonar, Menguasai Instalasi jaringan internet, keamanan dan maintenance.
·         Dimas Ibrahih, Menguasai Teknis Instalasi Komputer.
·         Rizki Nur dan Richo Arvian, Kemampuan teknis pemograman office dan manajemen.
·         Rianda Zulkarnaen, Kemampuan dalam akunting system management

E.      Analisis Kebutuhan Dan Rencana Pengembangan SDM
·         Kami akan merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap jabatan.
·         Kami akan mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya
·         Kami akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.

F.      Rencana Pengembangan Usaha
Usaha ini akan terus kami kembangkan dengan semangat dan komitmen yang kuat, bahkan kami akan membuka cabang baru di daerah-daerah yang sangat dan memiliki peluang untuk usaha ini. Untuk modal pengembangan usaha akan kami tambah dari modal sendiri serta kredit bank.
G.     Keberhasilan Usaha
Kami yakin usaha ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya di tentukan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1.      Pelayanan Jasa kami yang ramah, cepat dan bertanggung jawab
2.      Letak yang strategis dalam endirikan usaha yaitu di sekitar universitas

H.     Keberhasilan Usaha
Kami yakin usaha ini akan berkembang terus dan keberhasilan nya di tentukan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1.      Pelayanan Jasa kami yang ramah, cepat dan bertanggung jawab
2.      Letak yang strategis dalam endirikan usaha yaitu di sekitar universitas
3.      Keunggulan layanan scan virus gratis dan konsultasi IT yang belum pernah di lakukan pesaing sekitar
4.      Anggota tim yang mempunyai link dan partner yang cukup banyak
5.      Kemampuan dan skill dari anggota tim yang sudah mempunyai sertifikat
6.      Harga dari jasa yang di tawarkan cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswa

I.        Analisis SWOT
1.      Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar
·         Dengan adanya produk dan jasa yang unik mendapatkan dukungan terhadap masyarakat sekitar terhadap usah ini
·         Memberikan paradigma baru kepada masyarakat bahwa perkembangan komputer sangat cepat
·         Tekhnologi yang kami terapkan dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya sebagai media referensi mereka dalam membeli suatu produk pakaian dan aksesoris
·         Memberikan peluang kerja untuk teman yang mepunyai skill TI untuk bekerja di sini

2.      Analisis Resiko Usaha
·         Adanya manajemen pengelolah yang kurang rapi
·         Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli
·         Barang yang tidak laku
·         Tempat yang kurang strategis
·         Kepercayaan konsumen yang kurang baik
·         Respon dari masyarakat yang kurang baik

3.      Antisipasi Resiko Usaha
·         Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.
·         Kita akan mengikat kerjasama yang baik dengan vendor dengan prinsip barang dapat diretur apabila cacat, rusak atau tidk sesuai dengan pesanan.
·         Kami akan mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.
·         Kami akan membuat ciri khas tertentu pada kios/ lapak kami baik dari segi papan petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
·         Kami akan segera mungkin memesan produk yang sejenis ke vendor supaya konsumen kami puas terhadap pelayanan yang kami berikan,atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.


BAB V
Aspek Keuangan

A.     Asumsi-asumsi
Penjualan yang tertera di bawah ini adalah prediksi penjualan yang terjadi bulan pertama, berdasarkan studi lapangan yang telah kami lakukan dengan mensurvey beberapa Toko Service Komputer yang terdapat pada Harga, perkiraan omset, dan data-data tersebut adalah bersumber dari Pedagang yang berada di Pasar baru. Kami menargetkan penjualan terjadi peningkatan setiap tahunnya yaitu sebesar 10% dari total Penjualan pada tahun berakhir.


Jumat, 31 Oktober 2014

Kelompok 2
sub team 1 (regulasi aturan membuat perusahaan)
Dim Dim Ibrahim
Rian Ganti Nama
Janu Parinduri

Sub team 2(organisasi & sdm)
Rahmand Bin Marwan 
Kintan Yulanda
Yoel Elbin Samuel Nababan

Sub team 3(pemasaran jasa/produk)
Ferina Caessari Widodo
Bayu Yonar

sub team 4(aspek keuangan dlm bisnis)
Richo AreViant
Rizqi Nur

Sub 2 : Sumber Daya Manusia dan Organisasi
Oleh  :  M Rahman Darmawan 54411217 (http://rahmandarmawan.blogspot.com/)
             Kintan Yulanda 54411005  (http://kintanyulanda.blogspot.com/)
             Yoel Elbin Samuel 57411515 (http://pencari-ilmu2011.blogspot.com/)

SUMBER DAYA MANUSIA dan ORGANISASI

                                                     Sumber Daya Manusia


       Karyawan sebagai sumberdaya utama perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan memberikan kinerja yang optimal sehingga konsumen merasa terlayani dengan baik dan merasa puas. Karena jika konsumen merasa tidak puas dapat melakukan komplain yang dapat merusak citra perusahaan. Hal ini menunujukkan bahwa sumber daya manusia sangat berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Sumber daya manusia mempunyai fungsi mengelola input yang dimiliki perusahaan secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang diharapkan oleh perusahaan.
       Oleh karena itu perusahaan sebisa mungkin membuat para karyawan dapat melaksanakan pekerjaannya dalam keadaan yang tenang dan nyaman, tanpa  ada ketegangan dan kecemasan yang dirasakan. Kondisi ini bukan hanya menyangkut keadaan fisik saja, melainkan juga berhubungan dengan hubungan sosial dengan orang lain dan suasana psikologis di tempat kerja. Dengan suasana kerja atau lingkungan kerja yang menyenangkan akan membuat karyawan bekerja secara optimal.
       Dalam implementasi sehari-hari, organisasi dapat dengan mudah menerjemahkan dengan menggalang komunikasi dan kebersamaan dari tingkat paling bawah hingga paling atas. Ibaratnya, kalau di saat krisis perusahaan menghapus uang makan atau meniadakan jatah minum kopi, umpamanya, hal itu berlaku untuk semua orang, tanpa terkecuali. Diskriminasi akan menjadi biang kerok yang memicu suasana tidak kondusif dalam membangun semangat kebersamaan dan motivasi kerja tinggi. Kesadaran bahwa semua SDM berada di atas kapal yang sama, perlu digalang. Khususnya jika menyadari, seluruh SDM adalah awak kapal, bukan penumpang yang enak-enakan dan tetap dibayar.
       Adapun kemampuan unggul bisa diperoleh dengan dua hal: sistem rekrutmen yang baik serta fasilitas pelatihan — internal maupun eksternal. Setiap SDM pasti memiliki kemampuan dasar yang diperoleh dari pendidikan formal maupun informal. Kemampuan ini kemudian diasah dengan model pelatihan, tergantung kebutuhan dan kepentingan perusahaan. Dalam hal ini, perlu ditekankan peningkatan profesionalisme SDM. Artinya, SDM tidak harus melulu menguasai satu bidang keahlian saja. Sebagai profesional di perusahaan yang tumbuh dan bergerak cepat, mereka juga harus mampu dan menguasai bidang-bidang lain yang terkait. Untuk menjadi ahli administrasi, misalnya, dibutuhkan pengetahuan tentang rekayasa ulang atau seluk-beluk kegiatan lini. Dengan kata lain, peningkatan profesionalisme SDM mutlak diperlukan guna memainkan peran barunya


 Struktur Organisasi

       Sebagai perusahaan tentunya harus mempunyai sebuah struktur organisasi perusahaan. Struktur organisasi merupakan suatu garis susunan yang menjelaskan bagian - bagian susunan perusahaan dimana tiap individu yang ada pada lingkup perusahaan tersebut mempunyai posisi serta peranan sendiri-sendiri. Secara garis besar terdapat 5 model struktur perusahaan yaitu :

Susunan Organisasi Fungsional
Susunan organisasi yang didasarkan pada peran masing-masing individu karyawan. Minimal terdiri dari 5 divisi, yaitu divisi pemasaran, divisi pembelajaran, divisi produksi, divisi personalia, serta divisi umum.
Susunan Organisasi Proyek
Dibentuk untuk melakukan 1 projek kerja pada perusahaan. Susunan organisasi ini dapat dieleminasi saat projek sudah selesai.
Susunan Organisasi Matriks
Dibentuk untuk melakukan bermacam projek yang dikembangkan oleh perusahaan. Susunan ini dikepalai oleh vice president. Serta dibawahnya ada manajer yang bertugas merampungkan projek.
Susunan Organisasi Usaha
Susunan organisasi yang ada pada suatu perusahaan yang didasari oleh ada pengembangan produk serta riset-riset usaha sehingga komponennya jadi lebih luas.
Susunan Organisasi Tim Kerja
Susunan organisasi temporal dalam suatu perusahaan yang umumnya dibentuk untuk kondisi-kondisi tidak terduga atau ada proyek mendadak. Susunan ini dibentuk dari personil-personil yang handal.

Contoh Gambar Struktur Organisasi




Hubungan SDM dengan Organisasi/Perusahaan

                Tujuan suatu organisasi ataupun suatu perusahaan akan lebih mudah dicapai jika didukung dengan manajemen sumber daya manusia yang baik, Salah satunya dengan mempekerjakan pegawai yang kompeten dan berkualitas Jika pegawai yang telah dianggap belum memenuhi kebutuhan SDM yang diharapkan maka perlu dilaksanakan beberapa strategi diantaranya sesuai dengan fungsi manajemen SDM yaitu pengembangan pegawai dan memaksimalkan manajemen SDM, akan tetapi metode dan hal-hal lain yang bersangkutan dengan pengembangan pegawai harus tepat sasaran agar pengembangan pegawai yang direncanakan tidak sia-sia.
Standar Biaya Umum (SBU) dan Standar Biaya Khusus (SBK)

Pengertian Standar Biaya Umum (SBU) dan Standar Biaya Khusus (SBK)

Menurut PMK No. 100/PMK.02/2010 pasal 1:

1. Standar Biaya adalah besaran biaya yang ditetapkan sebagai acuan

penghitungan kebutuhan biaya kegiatan, baik yang bersifat umum

maupun yang bersifat khusus.

2. Standar Biaya yang Bersifat Umum, yang selanjutnya disebut

Standar Biaya Umum (SBU), adalah satuan biaya berupa harga satuan,

tarif, dan indeks yang digunakan untuk menyusun biaya komponen

masukan kegiatan, yang ditetapkan sebagai biaya masukan.

3. Standar Biaya yang Bersifat Khusus, yang selanjutnya disebut

Standar Biaya Khusus (SBK) adalah besaran biaya yang dibutuhkan untuk

menghasilkan sebuah keluaran kegiatan yang merupakan

akumulasi biaya komponen masukan kegiatan, yang ditetapkan

sebagai biaya keluaran.

Sumber :

http://artikelsdm.blogspot.com/2009/08/pentingnya-sumberdaya-manusia-bagi.html 
http://dwimirani.unsri.ac.id/index.php/posting/31 

http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/SBU_2014.pdf
Rabu, 15 Oktober 2014
My future is …. System Analyst



Pada saat ini saya tertarik mempunyai usaha sendiri  di bidang TI yaitu System Analyst dimana dalam perusahaan ini saya tidak hanya sebagai System Analyst namun sebagai pemilik perusahaan. Dalam perusahaan yang nantinya akan saya buat saya akan memperkerjakan orang-orang yang ahli dalam bidang analisis system. Karena di zaman yang modern ini banyak perusahaan yang membutuhkan system analis sebelum membuat suatu system.
System Analyst juga memiliki tanggung jawab yang besar  atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan. System Analyst  memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang System Analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian, yaitu :

1.      Analisis
aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu kemudian dicari kaitannya

2.      Teknis
struktur sosial formal stabil yg memiliki sumber-sumber berasal dari lingkungan dan memproses sumber-sumber itu agar menghasilkan output.

3.      Manajerial
suatu proses kemampuan dalam mengelola, mengatur, mengembangkan, mendayagunakan  dan serta mampu memanfaatkan berbagai peluang, ancaman, menata kekuatan serta meminimalisir kelemahan dengan berbagai upaya.

4.      Interpersonal
komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, yang biasanya tidak diatur secara formal.

Di dalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh analis sistem :  

a.       Identify, yaitu mengidentifikasi masalah
Mengidentifikasi masalah merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam tahap analisis sistem. Masalah dapat didefinisikan sebagai suatu pertanyaan yang diinginkan untuk dipecahkan. Masalah inilah yang menyebabkan sasaran dari sistem tidak dapat dicapai. Oleh karena itulah pada tahap analisis sistem, langkah pertama yang harus dilakukan oleh analis sistem adalah mengidentifikasi terlebih dahulu masalah-masalah yang terjadi.

b.      Understand, yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
Langkah kedua dari tahap analisis sistem adalah memahami kerja dari sistem yang ada. Langkah ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi. Langkah kedua dari tahap analisis sistem adalah memahami kerja dari sistem yang ada. Langkah ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi.

c.       Analyze, yaitu menganalisis sistem
Walaupun menganalisis kelemahan-kelemahan dan permasalahan-permasalahan yang terjadi merupakan tugas yang perlu, tetapi tugas ini saja belumlah cukup. Tugas lain dari analis sistem yang masih diperlukan sehubungan dengan sasaran utama sistem informasi, yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi para pemakainya perlu dianalisis.

d.      Report, yaitu membuat laporan hasil analisis
Setelah proses analisis sistem ini selesai dilakukan, tugas berikutnya dari analis sistem dan timnya adalah membuat laporan hasil analisis. Laporan ini diserahkan kepada steering committe (komite/panitia pengarah pengembangan sistem) yangnantinya akan diteruskan ke manajemen. Pihak manajemen bersama-sama dengan panitia pengarah dan pemakai sistem akan mempelajari temuan-temuan dan analisis yang telah dilakukan oleh analis sistem yang disajikan dalam laporan ini. Tujuan utama dari penyerahan laporan ini kepada manajemen adalah :

Ø  Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen.
Ø  Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
Ø  Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa meneruskan ke tahap desain sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak layak lagi) 

Sumber :




Senin, 31 Maret 2014

1.      Teknologi Game
Merupakan system perangkat keras yang biasa digunakan untuk mendukung sebuah kinerja game agar game tersebut dapat di mainkan dengan baik. Dengan adanya perkembangan teknologi, kini game telah berbentuk 3 dimensi atau menyerupai bentuk aslinya.
2.      Game
Merupakan sebuah aplikasi dengan tujuan bersenang-senang yang mempunyai target untuk mencapai finish atau  kemenangan. Permainan dilakukan sendiri atau bersama-sama.

1.      Contoh Game






Permainan melarikan diri dari kejaran polisi dan anjingnya karena merusak fasilitas umum dengan membuat graffiti di gerbong kereta. Permainan ini tak hanya menghindari tangkapan dari polisi tetapi juga harus menghindari tabrakan kereta.
Esensi dari permainan ini mengumpulkan koin sebanyak-banyaknya ketika berlari menghindari polisi dan gerbong kereta. Subway Surfers berkaitan dengan perkembangan teknologi masa kini dimana efek visual dari permainan ini adalah 3D modern. Permainan ini hanya tersedia untuk piranti yang memiliki Sistem Operasi Android atau iOS. 


1.      Cara bermain

Dalam permainan user akan dihadapkan pada 3 kolom jalur rel kereta. Untuk berpindah ke sisi sebelah kiri dan kanan dengan cara swipe jari ke kiri dan ke kanan. Bila ada rintangan user dapat melompat atau sliding dengan swipe jari ke atas atau ke bawah. Semakin lama permainan semakin cepat sehingga user harus selalu sigap. Dalam permainan ini diberi 2 kesempatan untuk tersenggol benda ketika berpindah jalur, tersenggol artinya kecepatan kamu berkurang dan sang polisi tersebut semakin dekat dengan user. Tersenggol untuk yang kedua kalinya user akan tertangkap sehingga harus mengulang dari awal.





Tidak hanya koin, user juga akan menemukan benda-benda pelengkap yang bisa kamu gunakan untuk menambah kekuatan. Misalnya seperti magnet yang akan menyedot koin-koin di dekat user, sepatu yang membuat lompatan bertambah tinggi, multiplier yang akan menggandakan koin, sebuah jetpack akan membuat user terbang diatas rel kereta tersebut yang tentunya susunan koin juga berpindah keatas, dan sebuah kotak misteri yang bisa dibuka setelah permainan selesai. Yang unik, dalam Subway Surfer terdapat misi untuk mengumpulkan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata. Misi tersebut mempunyai hitungan waktu dan akan berubah menjadi kata yang lain ketika waktu tersebut habis.




User juga dapat membeli berbagai peralatan tambahan di shop yang terbagi dalam 2 kategori. Pertama untuk sekali pakai seperti hoverboard (skateboard melayang), headstart yang bisa membawa kamu terbang ke jarak tertentu dan lainnya. Yang kedua adalah berupa upgrade untuk item yang sering ditemukan seperti magnet atau jetpack yang akan membuat waktu pakainya menjadi lebih lama. Sebagai catatan, sistem poin yang dikumpulkan merupakan akumulasi jarak tempuh ditambah dengan jumlah koin yang berhasil kamu kumpulkan



1.      Kelebihan Subway Surfers

·         Ketika bermain kita akan menemukan bantuan agar mempermudah permainan.
·         Kita dapat membeli  barang-barang yang terdapat di shop store dalam game tersebut.
·         Dapat dimainkan oleh semua usia.
·         Tampilan game nya sangat menarik dan kualitas gambar game nya pun bagus.
·         Game ini juga cukup mudah untuk dimainkan.

2.      Kekurangan Subway Surfers

·         Game ini cukup menguras batre gadged anda.
·         Jika kita ingin membeli barang-barang yang ada pada shope store game nya harus memiliki jumlah koin yang sesuai dari harga barang tersebut.
·         Game ini memiliki misi yang harus kita selesaikan agar dapat melanjutkan ke stage berikutnya.

3.      Saran
Game-game seperti ini seharusnya memiliki nilai edukasi juga untuk para pemainnya, tidak hanya sekedar hiburan saja.

DAFTAR PUSTAKA
http://id.gamesinasia.com/review-subway-surfer-swipe-to-play/
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan
http://unduhgameapk.blogspot.com/2013/05/download-game-subway-surfers-for-android.html


Sabtu, 13 April 2013


BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang Masalah 
Adnan Ahmad Frianzah
B.Batasan Masalah
C.Tujuan
Reni Marintan Doloksaribu

D. Metode
     1. Perancanaan
Friska Meiliana Sulistioningsih
Janu Prihartini    
2. Analisa
Asep Rohmana Hidayat


3. Desain
Secara garis besar kami akan membuat Website Merpati Putih kelompok latihan RAY dimana halaman utamanya berupa logo Merpati Putih dan logo kelompok latihan RAY,  juga disediakan form login untuk anggota yang sudah mendaftar sebelumnya dan juga berbagai macam foto, artikel, berita yang akan melengkapi website kami.
Berhubung kami menggunakan CMS Joomla sebagai applikasi untuk membuat Website ini jadi untuk tampilan dan database kami menggunakan fasilitas  yang sudah ada di dalam CMS Joomla.


4. Implementasi    
Ferina Caessari Widodo   
Full document : 
Minggu, 28 Oktober 2012

Berpegangan pada pengertian itu kita tahu bahwa tanpa media kita menjadi buta akan informasi dan dari situlah muncul manfaat media yang begitu kompleks nan luas yaitu memudahkan seseorang untuk mendapatkan sesuatu dan bukan hanya informasi tetapi yang kita cari tanpa perlu repot lagi. Media juga mengantarkan taraf hidup manusia mejadi lebih mudah. Media juga tak bisa lepas dari peran teknologi yang maju saat ini, tanpa teknologi media takkan berarti apa-apa. Kita ambil contoh terapan media di dunia pendidikan. Di dunia pendidikan kesemuanya sudah maju. Guru / Dosen sudah tidak lagi menulis di white / black board. Namun sudah beralih ke OHP dan bahkan tak jarang sudah menggunakan proyektor mini guna penyampaian materi yang lebih interaktif. Lebih canggih lagi, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengikuti proses belajar mengajar melalui media internet yang populer dinamakan e-learning. Tanpa perlu datang ke kampus, mahasiswa hanya perlu duduk di kursi rumah atau dimanapun mereka berada asal koneksi internet tetap terhubung.
Lantas, apakah pengertian ‘baru’ disini? baru (new) disini sesuatu yang bersifat inovatif yakni perubahan yang melahirkan sesuatu yang sangat dinantikan semua orang.
Oleh karena itu, New Media adalah media baru sebagai produk teknologi informasi dan komunikasi sekarang dan mendatang bersama-sama dengan komputer digital. Mereka (new media) meninggalkan teknologi yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi, tidak ramah lingkungan dan yang pasti masih menggunakan teknologi yang rendah alias jadul.

Berikut ini adalah contoh teknologi apa saja yang termasuk media baru yaitu :
  • Internet
  • Televisi Digital / Plasma TV
  • Digital Cinema / 3D Cinema
  • Superkomputer / Laptop
  • DVD / CD / Blue Ray
  • MP3 Player
  • Ponsel / PDA Phone
  • Video Game
  • RSS Feed
  • Streaming Video
  • Dan lain-lain
Selain teknologi, new media juga tidak bisa dipisahkan dengan dunia digital. Ini disebabkan sebagian besar new media di dominasi oleh produk berteknologi digital yang seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mudah, interaktif dan tidak memihak. Contohnya internet, dari internet saja kita bisa mengambil banyak manfaat dari sana. Termasuk yang lagi tren saat ini yakni jejaring sosial macam facebook dan twitter.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi juga berpengaruh kepada paradigma masyarakat saat ini yang mengubah keseluruhan cara pandang tentang berbagai masalah dan persoalan yang dihadapi. Contohnya dalam hal media massa yang sudah dikenal dengan RSS Feed. Dan lagi-lagi ini berkaitan dengan internet / bersifat jaringan. Masyarakat yang mendapatkan informasi lewat RSS Feed berarti sudah memanfaatkan new media. Yang RSS Feed sendiri adalah berita / informasi yang disampaikan dan ditampilkan dengan berlangganan di suatu situs sumber informasi.
Dari ulasan diatas dapt disimpulkan bahwa,


New Media adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang suatu keadaan dimana segala bentuk teknologi hampir berbentuk digital dan Internet hampir memegang peranan penting didalamnya, mereka meninggalkan teknologi kuno yang masih bersifat analog, mekanik, boros energi dan tidak ramah lingkungan.

http://safemode.web.id/artikel/teknologi/new-media

Kintan Yulanda

| Jakarta 27 Juli 1993 |Informatics Engineering UG'11 | http://www.facebook.com/kintan.yulanda | http://twitter.com/#!/strawbery_kecil

About Me

Foto Saya
Kintanyulanda
kintan yulanda, jakarta 27 juli 1993, | Informatics Engineering UG '11
Lihat profil lengkapku
Diberdayakan oleh Blogger.

Tags

Pengikut